Analisis Regresi Tugas 1
CYNTIA BELLA ARISTA
20160302232
EKSEKUTIF
ANALISIS REGRESI 10
TUGAS 1
Hipotesis Asosiatif :
Ada hubungan tingkat kebugaran dan kebiasaan merokok siswa
laki-laki SMA Negeri 3 Bekasi.
Rumusan Masalah :
Apakah ada hubungan antara kebiasaan merokok dan tingkat
kebugaran jasmani pada Siswa laki – laki SMA Negeri 3 Bekasi.
Variabel : kebugaran, kebiasaan merokok dan lamanya merokok.
Definisi Operasional
No
|
Variabel
|
Definisi
Operasional
|
Cara
Ukur
|
Alat
Ukur
|
Hasil
Ukur
|
Skala
|
|||
1
|
Kebugaran
Jasmani
|
Kemampuan
seseorang melaksanakan gerak dengan seluruh tubuhnya dalam uji YMCA 3-minnute
step test (tes bangku 3 menit YMCA) dengan waktu 3 menit dengan mengikuti
tempo metronom (96 kali per menit) setiap langkahnya tanpa mengalami rasa kelelahan
yang berarti diukur oleh peneliti dengan menghitung denyut nadi selama 60
detik setelah melakukantes dengan alat bantu stetoskop.
|
·
Metode
YMCA 3-minute step test (tes bangku 3 menit YMCA)
·
Denyut
nadi diukur setelah 60 detik dengan menggunakan stetoskop
|
Bangku
31 cm, Metronom pengatur langkah 96 kali per menit,
Stetoskop
|
Kategori
kebugaran laki-laki, yaitu :
1. Baik sekali (70-81)
2. Baik (82-100)
3. Cukup (101-106)
4. Kurang (107-117)
5. Kurang sekali ( 118-164 )
Kemenkes
(2012)
|
Ordinal
|
|||
2
|
Kebiasaan
Merokok
|
Perilaku
mengonsumsi rokok dalam sehari yang diperoleh melalui wawancara dengan alat
bantu kuesioner dan hasilnya akan dibandingkan dengan standar Bangun (2008)
|
|
Kuesioner
|
|
Ordinal
|
No
|
Variabel
|
Definisi
Operasional
|
Cara
Ukur
|
Alat
Ukur
|
Hasil
Ukur
|
Skala
|
3
|
Lamanya
Merokok
|
Waktu
pertama kali merokok sampai responden mengikuti penelitian yang diukur dalam
tahun dan bulan yang diperoleh melalui wawancara dengan alat bantu kuesioner
|
Wawancara
|
Kuesioner
|
Dikategorikan
menjadi :
1.
tidak merokok
2. 1 –
3 tahun
3.
Lebih dari 3 tahun
Bustan
(2000)
|
Ordinal
|
Hipotesis Komparatif :
Ada perbedaan tingkat pengetahuan antara mahasiswa tingkat II
jurusan gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II dan mahasiswa jurusan
keperawatan STIKES Mitra Keluarga Bekasi tentang ASI eksklusif.
Rumusan Masalah :
Apakah ada perbedaan tingkat pengetahuan antara mahasiswa
jurusan gizi dan mahasiswa jurusan keperawatan tentang ASI eksklusif?
Variabel : pengetahuan, materi kuliah, dan sumber informasi
lain.
Definisi Operasional
No
|
Variabel
|
Definisi
Operasional
|
Cara
Ukur
|
Alat
Ukur
|
Hasil
Ukur
|
Skala
|
1
|
Pengetahuan
Mahasiswa tentang ASI Eksklusif
|
Pemahaman
mahasiswa dari masing-masing jurusan tentang ASI Eksklusif
|
Angket
|
Kuesioner
|
1.
Baik, jika total skor >80%
2.
Sedang, jika total skor 60% – 80%
3.
Kurang, jika total skor <60%
(Khomsan,
2003)
|
Ordinal
|
2
|
Materi
Kuliah Masing - Masing
|
Hal
yang dipelajari masing-masing mahasiswa mengenai ASI Eksklusif yang
didapatkan di kampus masing-masing
|
Angket
|
Kuesioner
|
1. Sama
2. Tidak sama
|
Ordinal
|
3
|
Sumber
Informasi Lain
|
Suatu
informasi lain yang diketahui oleh responden yang didapat selain dari materi
di kampus tentang ASI Eksklusif
|
Angket
|
Kuesioner
|
1.
Teman
2.
Keluarga
3.
Petugas kesehatan
4.
Media cetak
5.
Media elektronik
|
Nominal
|
DOWNLOAD
DOWNLOAD
Komentar
Posting Komentar